selamat datang **** sugeng rawuh **** ahlan wa sahlan **** http://www.facebook.com/pustakawankaranganyar **** deche.ygo@gmail.com

Sunday 8 November 2015

Inilah Kepopuleran Pustakawan Versi Google



Popularitas Pustakawan Versi Google
Pustakawan merupakan salah satu dari sekian profesi yang ada di dunia. Pustakawan dan profesi lainnya tentu memiliki bidang spesifikasi tersendiri. Pustakawan bergerak di bidang informasi dan dokumentasi, literasi, dan tentunya bidang manajemen perpustakaan. 

Menilik sepak terjang Pustakawan khususnya di Indonesia memang dapat dikatakan baru, karena organisasi profesi yang menaungi pustakawan itu sendiri baru berdiri sejak 6 Juli 1973, yaitu Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI). Nah, dengan kiprah yang masih baru tersebut, bagaimanakah tingkat kepopuleran profesi ini? jika dibandingkan dengan profesi lain khususnya di Indonesia. Berikut hasilnya:


Metode penelitian kita buat sesederhana mungkin, yaitu lewat bantuan salah satu mesin pencari (search engine) google. Selanjutnya kita akan ketik kata Pustakawan dan kata Profesi lainnya satu-persatu. Ketika kita klik search dan muncul hasil penelusurannya, disana akan muncul keterangan jumlah hasil artikel yang tertangkap oleh google, biasanya terletak di pojok kiri atas. Angka yang muncul tersebut kita jadikan tolak ukur seberapa populer profesi tersebut khududnya versi google. Nah, berikut hasil perbandingan tingkat popularitas profesi Pustakawan dengan beberapa Profesi di Indonesia.

1. Pustakawan vs Dokter

Kata Pustakawan menunjukkan 555.000 hasil
sedangkan kata Dokter menunjukkan  37.500.000 hasil




















2. Pustakawan vs Pengacara


Kata Pustakawan menunjukkan 555.000 hasil
sedangkan kata Pengacara menunjukkan  2.360.000 hasil









3. Pustakawan vs Tukang Kayu


Kata Pustakawan menunjukkan 555.000 hasil
sedangkan kata Tukang Kayu menunjukkan  1.020.000 hasil








4. Pustakawan vs  Tukang Becak

Kata Pustakawan menunjukkan 555.000 hasil
sedangkan kata Tukang Becak menunjukkan  891.000 hasil








Nah sudah dapat kita simpulkan bukan bahwa Pustakawan belum setenar dengan profesi lainnya di Indonesia bahkan jika kita bandingkan dengan Tukang Becak sekalipun (walaupun pekerjaan ini belum dapat dikatakan sebagai profesi).

Dengan hasil ini, maka menjadi PR besar bagi pustakawan yang notabene sebagai pialang informasi. Idealnya ketika kita berbicara search engine di dunia maya, harusnya pustakawan mengambil peran besar pada domain ini. nah kita tunggu saja kiprahnya.

terima kasih telah berkunjung ke blog kami, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Masukan dan Nasihat dari Sobat Pustaka adalah apresiasi untuk kami.